“APA TAGLINE KABUPATEN JEMBER? ” Harapan Untuk Pemimpin Baru

Jember

“Malaysia Truly Asia “ adalah Tagline yang digunakan oleh Negeri Jiran sebagai brand Malaysia . Kesan yang ingin disampaikan adalah jika masyarakat dunia ingin merasakan pengalaman tentang asia yang sebenarnya maka di Malaysia-lah tempatnya. Diluncurkan sejak 1999, Malaysia Truly Asia disebut salah satu kampanye pariwisata terkuat yang pernah diluncurkan oleh negara manapun. Promosi dan iklan dengan modal besar-besaran rela dikeluarkan demi mejeng di media lokal dan internasional. Usaha Malaysia memang tidak sia-sia, Negeri Jiran kini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling disukai di dunia. Ini bisa ditunjukkan dari terus meningkatnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia.
“Yogyakarta Never Ending Asia “ adalal Tagline DIY dalam mempromosikan kotanya. Tagline tersebut ingin memberikan kesan bahwa di Yogyakarta kebudayan dan tradisi masyarakat Asia tidak pernah berakhir ditengan tengah gempuran budaya global modern yang sangat dahsyat. Saya kira Yogya cukup berhasil dalam menggaet wisatawan dengan tagline tersebut dan memang ciri khas Jogja sangat mendukung dan sesuai dengan tagline tersebut. Namun demikian rupanya beberapa tahun terakhir ini tagline tersebut kurang menggaung dan sepertinya Yogya lebih mepromosikan taline baru yakni “Yogya Istimewa”
Kabupaten Malang juga tidak ketinggalan dengan mengusung tagline “ Malang Pesona Jawa Timur Yang Sesungguhnya”. Kalau saya nggak salah, Tagline tersebut cikal bakalnya di usung pada Jamannya almarhum Bupati Ibnu Rubyanto, Tapi bisa saja di promosikan setelah kepemimpina beliau. Kebetulan Saya dan Bapak Sunardi di Minta Bapak Harry Bagyo waktu itu Presiden Direktur PT Merapi Utama Pharma, meloby Bapak Bupati Ibnu Rubyanto agar bersedia bekerja sama menghadirkan pakar marketing Bapak Hermawan kertajaya di Pendopo Kabupaten Malang. Bapak Hermawan Kertajaya membahas kekuatan sebuah tagline dalam menonjolkan indentitas produk (termasuk daerah). Tagline sangat ampuh untuk membentuk image sebuah produk atau daerah. “Dan Kabupaten Malang perlu mencari TAGLINE yang tepat dan cocok sesuai dengan keunikan dan kekhasan Kabupaten Malang” , Begitu Kata Hermawan Kartajaya dala sebuah seminar tersebut. Dan beberata tahun setelah itu saya pulang ke Malang karena sempat bekerja di Makassar diperbatasan Malang Pasuruan tepatnya di pintu gerbang masuk kota Lawang tertulis “ Kabupaten Malang, pesona Jawa Timur yang sesunggunya”. Dan rupanya Tagline tersebut sangat ampuh menarik kunjungan Wisata ke Kab. Malang. Dan komitmen Kabuoaten Malang sebagai pesona Jawa Timur Yang Sesungguhnya di mantapkan sebagi bumi agfrowisata terkemuka di Jawa Timur.
Lalu Bagaimana dengan Kabupaten Jember?.
Dengan kepemimpinan baru Dr Faida- Kyai Muqit, mungkin perlu menggali identitas Jember yang sebenarnya. Jember adalah kota yang religius dan kota santri. Karakter budaya masyarakat Jember adalah hasil pembauran antara masyarakat Madura Pamekasan Sumenep dengan Jawa pendalaman seperti Blitar, Tulungagung, trengalek, Pacitan, Kediri dan sekitarnya yang terkenal dengan budaya pendalungan. Dengan kekayaan Wisata Pantai selatan seperti Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, Pantai Puger, pantai bande alit dll. Kemudian Perkembunan yang sangat luas warisan Belanda yang cukup terkenal seperti Tembakau, kopi, coklat dan lain lain.
Bahkan Jember sekarang sudah mendunia dengan helatan fashion akbar, Jember Fashion Carnival (JFC) yang diselenggarakan setiap tahun. Saya kira mempromosikan keunikan dan ke kekhasan Jember bisa dimulai dengan mendompleng ketenaran event Jember Fashion Carnival (JFC). Mengapa? Event JFC sekarang sudah ditunggu tungu oleh masyarakat dunia dan menjadi icon kota Jember. Banyak Wisatawan berkunjung ke Jember di saat event Jember Fashion Carnival (JFC) ini. Maka perlu membuat para wisatawan lebih lama tinggal di Jember menikmati wisata dan keunikan dan kekhasan Jember. Wisatawan tersebut bisa menjadi Marketing of Mouth Kota Jember. Apalagi di Era Social Media dimana orang sangat mudah untuk menshare pengalaman pengalaman mereka.

Lalu apa Tagline yang tepat untuk Kabupaten Jember???
Inilah yang perlu dibicarakan dan diskusikan secara intensif dan bersama sama baik di medial Social, di ruang ruang seminar maupun di warung warung kopi oleh masyarakat Jember. Semoga Pemimpin baru bisa segera menemukan dan menangkap TAGLINE yang tepat dan cocok untuk mempromosikan dan memajukan Jember.
Selamat atas pelantikannya dr Faida dan Kyai Muqit sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember.
Selamat bekerja dan selamat menjalankan tugas…
Semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mewujudkan cita cita masyarakat Jember
Semoga selalu menjadi pemimpin yang amanah dan selalu mendaptkan Ridho Allah SWT. Amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *