hanoi9Dalam Area Mausoleum Ho Chi Minh, disamping berdiri Istana  dan tempat tinggal presiden yang dibangun oleh perancis, rumah panggung tempat tinggal mendiang Ho Chi Minh, ada sebuah bangunan bersejarah yang berdiri lebih dari 1000 tahun yakni One Pillar Pagoda.
One Pillar Pagoda karena konstruksi pagoda ini berdiri di atas satu batang tiang beton. Pagoda ini bertengger di atas tiang beton ini kemudian ditopang beberapa balok kayu ukuran besar di empat sudutnya agar keseimbangan bisa terjaga One Pillar Pagoda ini berdiri di atas kolam air. Ada tangga naik yang bisa menuntun para pengunjung menaikki pagoda kuno nan eksotik ini.
Orang lokal di Hanoi menyebut One Pillar Pagoda dengan nama Chùa Một Cột atau resminya  Diên Hựu tự atau Liên Hoa Đài. Pagoda ini beraliran Buddhis.
Hanoi9Menurut catatan sejarah di Hanoi, One Pillar Pagoda ini dibangun oleh Kaisar  Lý Thái Tông, penguasa Vietnam kurun waktu 1028-1054. Karena tidak dikaruniai seorang anak pun, Kaisar ini selalu memanjatkan  doa-doa kepada Bodhisattva Avalokiteshvara yang dalam mimpinya akhirnya berkenan ‘menghadiahi’ bayi mungil kepadanya.
Bagi turis manca negara, keberadaan One Pillar Pagoda ini jelas merupakan daya tarik tersendiri. Terlebih kalau melihat konstruksi bangunan pagoda yang kokoh, meski hanya berdiri di atas sebuah tiang beton yang bertumpu menjaga keseimbangan pada beberapa pilar kayu ukuran besar.
Hanoi8Setelah saya  puas memotret pagoda ini, saya menoleh kepada rombongan yang mengerumuni seorang penjual buah.  Dia menjual buah nanas, manga, genitu atau buah kecup, pisang dan lain lain. Yang membuat rombingan tertawar ger geran dikarena ada satu peserta rombongan membeli buah manggan yang dikira 5000 Dong, ternyata setelah di kuliti harganya 50.000 Dong. Dan untungnya masih diberi bonus seiris Nanas. Saya tertarik engan buah Genitu yang ukurannya sangat besar. Saya beli dengan harga 20.000 Dong. Setelah saya bayar, ternyata juga diberi bonus seiris Nanas dana sehelai pisang. Lumayanlah buat mengisi perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *