Ho chi mindhSemua orang tahu kalau kini Vietnam sedang berbenah, mempercantik diri agar menjadi negara yang dilirik oleh para pelancong saat ingin menikmati sesuatu yang baru. Vietnam, khususnya Hanoi, ada satu tempat wisata yang menjadi incaran wisatawan mancanegara yakni Ho Chi Minh Mausoleum.

Nah rombongan kami hari kedua Widatra Amazing Trips ini Adalah Ho Chi Minh Mausoleum yang menjadi primadona bagi para turis. Sehabis breakfast sekitar jam 9 dengan berkendara bus dipandu local tour guide kita bergegas menuju sebuah lapangan yang ditengahnya ada bangunan megah. Tempat tersebut sangat dikeramatkan oleh warga Vietnam karena ditempat tersebut bersemayam jenazah seseorang yang sangat dihormati yakni Ho Chi Minh yang juga dikenal dengan nama Bac (Paman Ho).

HanoiHo Chi Minh adalah tokoh yang paling terkenal di Vietnam karena ia mempimpin pergerakan kemerdekaan dari tahun 1941. Sebagai bapak bangsa Vietnam, Ho Chi Minh dianggap berjasa besar karena memproklamasikan kemerdekaan Vietnam pada 2 September 1945. Ho Chi Minh, yang bernama asli Nguyen Tat Thanh, lahir tahun 1890 dan pernah berkelana hingga ke London, Perancis, Rusia  dan Cina. Pernah berjuang untuk kemerdekaan Vietnam melawan kolonialisme Perancis, pendudukan Jepang, hingga infiltrasi tentara Amerika Serikat dalam perang Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Ho Chi Minh meninggal bulan September 1969 ketika perang antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, yang didukung Amerika Serikat (AS), masih berlangsung. Jasad Ho Chi Minh diawetkan dan disimpan di Hanoi yang saat ini dikenal dengan Ho Ci Minh di Moasoleum. Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi dibangun di Lapangan Ba Dinh, tempat pertama kali Ho Chi Minh melakukan parade proklamasi kemerdekaan Vietnam, 2 September 1945.

Hanoi1Ketika rombongan Widatra Amazing Trips mengunjungi tempat ini terlihat pula ratusan wisatawan local mau asing   ziarah di “kuburan” Bapak Bangsa Vietnam ini . Di lapangan, para prajurit  sedang terlihat berjaga-jaga. Para “peziarah”  berbaris satu satu persatu sejak dari gerbang lapangan.  Pengunjung sedang ramai,  kami berbaris antri cukup lama. Tapi, akunikmati saja karena panorama dan landscape di sekitar bangunan megah berbendara bergambar palu-arit dan bintang cukup menawan, ambil sekali kali ambil foto  dengan iphone secara sembunyi sembunyi.

Beberapa aturan yang harus dipatuhi  seperti tidak boleh  membawa tas ukuran besarn tetapi kalku tas kecil masih bisa diijikan. Tidak boleh membawa kamera, karena memang tidak diperkenankan motret. Dan untuk menunjukan rasa hormat kepada Uncle Ho, tidak diperkenankan untuk memasukan tangan kedalam saku. Bagi mereka, hal demikian menunjukan kalau kita tidak menaruh hormat. Kita juga tidak diperboleh membawa makanan dan minuman. Dan jangan sekali kali berbicara keras atau bercanda, kalau tidak ingin anda dipelototin para penjaga yang sangar. Satu lagi aturanya, kita harus mengenakan pakaian yang sopan, yaitu pakaian sampai dibawah lutut dan tentu saja menutupi bahu

Semakin masuk kedalam gedung penjagaan semakin ketat dan suasana semakin sunyi dan khidmat. Sesekali aku lihat seseorang menundukkan kepala seperti menyembah, mungkin menaruh rasa hormat sekaligus menodakn paman Ho. Akhirnya aku berada tempat di depan jenazah Paman Ho dijaga empat orang prajurit.

131021anh-bac-ho-viet-sach-tai-vuon-cay Hanoi8

Orang penting ini mengenakan pakaian tradisional dengan sandal karet dan kesannya seperti sedang tidur siang. Orangnya agak kurus dan terlihat seperti baik-baik saja. Pengunjung harus berjalan satu per satu dan tidak ada yang boleh mengambil gambar. Tanpa terasa aku  tertegun menyaksikan jenazah  ini orang besar ini.

Hanoi15Tiba tiba pikiranku melayang kepada Presiden RI Ir Soekarno. Sang Proklamator dimana Nasib diakhir hidupnya yang tragis. Dan karakternya yangb  dihancurkan hingga di titik nadir. Kenapa bangsa Indonesia yang mengaku religious agamis begitu kejam memperlakukan para pendiri bangsannya. Sedangkan Vietnam yang didera perang saudara kebih dari 20 tahun, yang beridelogi komunis begitu luhur menempatkan posisi pendir bangsanya… ah ya sudahlah..

Akhirnya aku  keluar dari gedung di sambut oleh tour guide dan berjalan ke memutar menuju depan gedung di tengah lapangan untuk foto foto ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *