Sungguh Ini tidak terlalu penting. Ketimbang perdebatan menjelang debat pilpres nanti malam. Yah.. ketimbang ikut ikutan tegang, aku tulis tentang Kajoetangan Heritage, Malang.

 

 

Minggu lalu aku ikut hunting foto. Di Kayutangan malang.  Kesulitan sih cari tempatnya karena infonyakurang lengkap. Pakai google map diputar putar. Tapi syukurlan sampek juga.  Masuk lewat jalan Basuki Rahmat gang 6.

Setelah Istri menurunkan saya di depan Gang, aku bergegas masuk.  Ada nuansa kampung yg sedang berbenah.  Rumah rumah kuno di rawat kekunoannya. Dberikan identitas kapan dibangun,nama rumah dan disebutkan juga pemiliknya. Ada juga rumah yg percantik dengan ornament ornament jadul. Sudut sudut gang dipercantik dengan spot foto. Instgramble.

Berbekal tanya tanya  sampailah  kantor RW. Panitia hunting, Fotografer, model lagi berkumpul. Ada workshop fotogfrafi katanya. Aku pilih nongkrong di kedai kopi samping kantor RW Bersama fotografer lain.

Hunting foto ini untuk mempromosikan Kayutangan Heritage.  Digalakkan oleh pemuda pemudi kampung. Diresmikan April 2018 lalu oleh Dinas Pariwisata Kota Malang.

Jam 14.00 pemotretan  4 model d mulai.  Model di sebar disetiap sudut gang di depan rumah. Rumah dengan khas kolonial Belanda. Nampak rumah rumah yg diketegorikan heritage di Kampoeng Heritage Kayutangan sedikit berbeda dengan rumah-rumah tua di Jalan Ijen. bukan rumah mewah. dengan halaman besar. Hanya bangunan sederhana tapi berusia puluhan tahun.

Kampung kayutangan ini dulunya adalah perkampungan kolonial. Sekarang masih terjaga dengan baik.

Kini, wajahnya makin menarik setelah diperhatikan, dibersihkan dan dilakukan beberapa bangunan direstorasi.

Ada 20-an rumah yang ditetapkan sebagai warisan budaya. Beberapa di antaranya sudah ditempeli plakat khusus. Desain rumah tersebut khas zaman kolonial dengan bentuk jendela dan pintu yang besar.

Jelajah Kampoeng Heritage Kayutangan ini bisa jadi rekomendasi untuk pecinta sejarah, juga pemburu foto-foto ala vintage. Setiap sudutnya menawarkan pemandangan cantik yang bisa dijadikan latar foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *