Sang Penakluk : Sir Edmund Hillary

Tahun 1953 Sir Edmund Hillary memiliki impian mendaki gunung tertinggi didunia dengan ketinggian 29.000 kaki yakni gunung Everest. Dialah orang pertama didunia yang mencoba mendaki gunung tersebut. Keluarga dan sahabatnya berusaha memintanya untuk melupakan mimpi yang akan mengancam hidupnya, namun ia tetap bersikukuh. Tekadnya begitu bulat sehinga semua permintaan keluarga dan sahabatnya di balas dengan kalimat positif. Ia berkata “ jika tak ada orang yang pernah mendaki gunung ini, aku menjadi orang yang pertama. Jika sudah ada orang yang pernah mendakinya, aku akan menjadi yang terbaik”.

Ia benar benar mendaki gunung tersebut tapi turun kembali karena kaki kanannya patah. Seperti biasah para pengkritik dan pencemooh tidak tinggal diam, mereka mencemooh dan mencelanya. Tetapi ia tetap tersenyum dan berkata “ kali ini ia mengalahkan aku. Tetapi ini belum berakhir. Pada kesempatan yang akan datang aku akan menaklukkannya”.

Berkat usaha yang gigih dan semangat pantang menyerah, Sir Edmund Hillary menerima undangan untuk menerima penghargaan dari yayasan buruh di London. Penghargaan tersebut diberikan atas usahanya yang berani dan tak pernah terpikirkan sama sakali. Dalam kesempatan itu ia diminta menyampaikan sambutan. Saat naik keatas panggung, ia melihat gambar gunung everest memenuhi dinding didepannya. Sir Edmund Hillary menatap tajam gambar tersebut dan dengan tangan terkepal ia berkata “ Gunung everest, engkau telah mencapai puncak pertumbuhan, sementara aku akan terus tumbuh setiap saat. Sebentar lagi aku akan menaklukanmu”. Benar, ia terus mencoba, namun nasih keberuntungan masih belum berpihak kepadanya. Ia menderita luka parah. Meski demikian ia tak pernah menyerah. Ia tetap bersikeras mendaki gunung tertinggi tsb. Dan ia berhasil menwujudkan impiannya. Kepada media ia berujar ”Aku berhasil menguasai rasa takutku. Aku berhasil mengontrol diriku dari pikiran negatif yang membuat kita frustrasi dan merasa gagal. Dengan begitu aku berhasil menaklukan Gunung Everest”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *