Anak Anakmu Bukan Anak Anakmu – by Khalil Gibran

Dalam buku The Prophet ( Sang Nabi) Gibran bin Khalil bin Gibran mengambarkan dengan apik tentang arti seorang anak.  Mungkin gambaran tentang seorang anak ini bisa kita jadikan landasan dalam membangun hubungan dengan anak anak kita sekaligu dasar bagaimana membesarkan anak anak kita.

Ia menulis seperti ini,

 “Seorang perempuan yang menggendong bayi di pelukannya berkata, “Bicaralah kepada kami tentang Anak-anak”, demikian sang perempuan meminta Sang Nabi berkata”.

Dan dia pun berkata:
Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu. Mereka adalah putra-putri kehidupan. Mereka datang melalui kalian, tetapi tidak berasal dari kalian. Walaupun mereka bersamamu, mereka bukanlah milikmu.
Kau boleh memberi mereka cintamu, tapi bukan pikiranmu,Karena mereka memiliki pikiran sendiri.
Kau boleh merumahi tubuh mereka, tetapi bukan jiwa mereka, Karena jiwa-jiwa mereka akan melesat ke rumah masa depan yang tak akan dapat kau
kunjungi, bahkan dalam mimpi sekalipun.
Kau boleh berusaha menjadi seperti mereka, tetapi jangan membuat mereka menjadi sepertimu, Karena hidup tidak berjalan mundur, tak juga terpaut dengan masa lalu.

Kau adalah busur tempat panah anak-anakmu diluncurkan.
Sang Pemanah melihat tanda di jalan setapak kepastian dan Dia membengkokkanmu dengan kekuatan-Nya, sehingga panah-Nya melesat cepat dan jauh.
Melengkunglah di tangan Sang Pemanah dengan senang hati, Karena ketika Dia mencintai panah yang melesat terbang,Dia juga mencintai busur yang kokoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *