Hard Selling

Pernahkah anda ditawarkan untuk membeli sebuah produk alat kesehatan? Pernahkah anda di ditawarkan dengan sedikit memaksa untuk apply kartu kredit?. Pernahkan anda menyaksikan tayangan iklan di telivisi yang menawarkan langsung sebuah produk?. Pernahk anda melihat dan membaca tawaran produk dipapan reklame di pingir jalan. Atau pernahkan anda tiba tiba teman facebook anda menawarkan sebuah produk?

Itu semua adalah Hard Selling

Berbeda dengan Soft Selling , Hard Selling adalah sebuah strategy penjualan yang langsung menawarkan sebuah produk kepada calon pembeli dengan harapan pelanggan segera mengambil keputusan untuk membeli. Sedikt bersifat agresif dan menekan calon pembeli.  Keberadaannya  langsung bisa dikenali sebagai pen jual.

Keuntungan dari strategy ini adalah langsung kepada tujuan yakni menjual produk. Sangat minim edukasi dan sedikit memaksa pelanggan untuk mengambil keputusan membeli atau tidak sekarang juga. Sangat cocok  untuk klien yang siap untuk membeli tanpa perlu pertimbangan panjang.

Namun strategy ini seringkali nampak terlalu agresif sehingga kadang calon pembeli merasa terganggu. Jarang sekali strategy ini menghasilkan  hubungan emosional antara pelanggan dengan produk. Pelanggan hampir hampir tidak tersentuh hatinya. Loyalitas pelanggan terhadap produk yang  kita jual sangat rendah sekali.

2 Replies to “Hard Selling”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *