Lustrum I keluarga Sehat Hospital (KSH) Pati Menebar 5 Cinta

Ketika memasuki Kota Pati, tepatnya sebelah kiri dari arah kota Semarang berdiri bangunan kokoh dan megah 3 lantai yang menjadi rujukan kesehatan masyarakat Kota Pati dan sekitarnya. Itulah keluarga Sehat Hospital (KSH), sebuah Rumah sakit yang di Pimpin oleh dr Aris Munandar, MMR, MBA. Sebuah rumah sakit yang diselanggarakan dengan konsep modern yang berbeda.  Oleh karenanya  Dr Benny  Purwantor, MARS, sebagain owner lebih senang membangun image keluarga Sehat Hospital sebagai hospital yang berkonotasi “hospitality” atau “ keramahan”.  Dengan demikian KSH  harus mampu menjadi hospital yang lebih menekankan kepada  keramahan dan pelayanan sepenuh hati bagi kesehatan ummat manusia, baik pada saat mendapatkan masalah kesehatan (kuratif), pencegahan sebelum terjadi masalah kesehatan (preventif), meningkatkan  kualitas hidup setelah mendapatkan masalah kesehatan (rehabilitasi) dan meningkatkan status kesehatan (promotif).

KSH sudah sesuai dengan standarisasi kemenkes terbaru  dalam  Rumah Sakit UU no.  44 tahun 2009, terutama  bangunan khusus Instalasi  Bedah Sentral  (IBS), ICU/NICU, Radiolosgi, Laboratorium, Hemodialisa, Pengolahan Limbah Cair (IPAL) dan infrastruktur yang memadai dan memenuhi syarat.  Disamping bagunan gedung yang cukup megah, KSH memiliki peralatan kedokteran yang cangih dan  modern, mulai dari ICU/NICU (ICU untuk Bayi) dengan peralatan Ventilator (alat bantu pernafasan) automatic khusus untuk bayi, monitor pasien dengan sistem Central Monitor canggih diseluruh ruangan ICU, Endoscopy untuk pemeriksaan THT,  mesin hemodialisa Trauma Center yang lebih lengkap.  Selain itu ruang rawat inap yang bersih dan nyaman sudah tentu menjadi andalan KSH.  Dan yang paling penting adalah tenaga Dokter  yang  terampil dan memiliki kompetensi tinggi, yang selalu siap membantu kesembuhan pasien.

Dan kunci dalam mewujudkan hal tersebut diatas adalah pengembangan SDM. Untuk itulah tema dalam ulang tahun yang ke 5 atau yang sering kita kenal sebagai lustrum I adalah  ‘5 Cinta’ sebagai ekspresi  Jiwa pelayanan KSH yang meliputi Cinta Pasien, Cinta Pelanggan, Cinta Mitra ( SDM KSH disebut sebagai Mitra), Cinta KSH dan Cinta Hidup Sehat (untuk diri sendiri dan orang lain). Dalam mengejawantahkan Cinta Mitra, maka  dalam lustrum I pertama ini KSH bekerja sama dengan PT. Widatra Bhakti mengadakan seminar dengan tema Self Motivation dengan menghadirkan Dr Faida MMR direktur sekaligus owner  RS Al Huda Banyuwangi dan RS Bina Sehat jember bersama Bapak Sindhu Hardjono Board Of Director PT Merapi Utama Pharma.  Dan 270 peserta yang kesemuanya karyawan (mitra) KSH hadir di  KSH Hall yang cuguh megah.

Kesalingtergantungan antara segenap komponen di KSH seperti  dokter, perawat,farmasi, keuangan dan staf administrasi lainnya serta direksi dan owner akan mampu membangun sinergy yang akan membawa KSH sebagai pilihan  pertama dan utama masyarakat Pati dan sekitarnya. Dan landasi utama untuk mencapai kesalingtergantungan adalah kemadirian dengan berfikir menang menang, begitu Pak Sindhu Hardjono menyampaikan materinya. Dr Faida, sebagai pembicara pertama mengatakan bahwa KSH harus menjadikan pelanggan atau pasien sebagai the real boss yang harus dilayani. Karena setiap pasien yang dirawat di KSH adalah orang orang penting bagi keluarganya masing masing. Maka seluruh komponen yang ada di KSH harus melayani dengan segenap hati, seperti melayani dengan senyum dan sabar, memberikan keterangan atau penjelasan yang dibutuhkan pasien dan keluarganya serta memberikan kenyaman bagi pasien dan keluarganya.  Hanya dibutuhkan  2 menit bagi dokter, perawat dan farmasi untuk mendengarkan pasien menyampaikan keinginannya.

Agar mampu menjadikan pilihan pertama dan utama, KSH harus berbeda dengan rumah sakit rumah sakit yang lainnya. Dan ukuranya hanya ada 3 yakni  Baik Tujuannya, benar hukumnya dan betul caranya. Jika ketiganya tersebut terpenuhi maka jalankan saja apa yang menjadi impian dan cita cita KSH dan segenap karyawannya, insya-Allah kita semua akan sampai kepada tujuan tersebut.

Selamat Ulang Tahun yang ke-5 Keluarga Sehat Hospital  Pati, semoga selalu berjaya dan menjadi yang terdepan.

Leave a Reply