Saat kita sedang dalam masalah besar, seringkali kita merasa diri tidak mampu menghadapinya. Kita mempersalahkan semua hal yang berkaitan dengan kita.  Bahkan tak jarang kita mempersalahkan Tuhan atas kesulitan dan masalah yang menimpa diri kita.

Dengan kekuatan manusia yang serba terbatas, hal tersebut sangatlah wajar. Manusia pada dasarnya selalu merasa dirinya superior karena manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Namun dibalik kesempurnaannya, masih sangat banyak keterbatasan yang dimiliki manusia.

Seorang Nick Vujicic, yang cacat sejak lahir, tidak memiliki kedua tangan dan kaki, yang secara bercanda dia sendiri katakan hanya memiliki drum stick, karena dia hanya memiliki sedikit bagian tubuh yang berbentuk seperti chicken drum stick (paha bawah ayam goreng fast food). Namun dengan drum stick tersebut Nick telah membuktikan bahwa dia tidak putus asa, dia selalu berusaha keras untuk mencoba dan mencoba lagi saat menemukan masalah. Bahkan Nick mampu berenang, berani melakukan loncat dari papan kolam renang, yang seringkali manusia dengan bagian tubuh yang sempurna saja tidak dapat melakukannya. Nick juga berani melakukan selancar air (surfing), juga mampu bermain golf ldengan baik.

Berdasarkan pengakuan Nick, dia sempat berpikir untuk melakukan bunuh diri, karena merasa tidak ada maknanya dia menjalankan hidup ini. Dia merasa tidak mungkin untuk bersekolah, dan melakukan aktivitas layaknya manusia yang terlahir normal. Menjadi terasa tidak adil, karena cacat tubuh Nick adalah cacat bawaan sejak lahir.

“ Saat hidup ikhlas, tujuan terlihat jelas, jalan terbuka bebas, Rejeki jadi tak terbatas”

Namun sekarang terbukti, seorang Nick Vujicic mampu menginspirasi ribuan, bahkan jutaan orang. Dia mendedikasikan dirinya untuk membantu kaum muda, yang biasanya dalam masa rentan karena berbagai macam hal, dan seringkali menghadapi permasalahan dalam pencarian jati diri. Nick melakukan ceramah, tatap muka langsung ke sekolah-sekolah, untuk memberikan gambaran langsung kepada para remaja, bahwa dalam kondisi sesulit apapun, dalam kondisi yang seringkali tampak tidak ada jalan keluarnya, kita harus selalu berusaha untuk bangkit, lagi dan lagi. Kuncinya adalah bagaimana kita mau melakukan finish (melewati rintangan)? Finishing STRONG adalah pilihan yang diambil Nick. Dia memilih untuk menjalani hidup ini dengan bahagia, selalu tersenyum, dan tidak rendah diri dengan kondisi fisiknya. Bahkan dalam keterbatasannya, dia mampu menginspirasi banyak orang. Pesan itulah yang ingin disampaikan oleh Nick, bahwa apapun rintangan, apapun permasalahan yang kita hadapi, kita harus selalu mencoba untuk melewatinya. Dan apabila dalam percobaan pertama gagal, jangan menyerah, namun terus mencoba.

“ Tidak akan pernah rugi jika tujuan hidupnya berbagi”

Sikap (attitude) yang dimiliki Nick sangat luar biasa. Nick selalu percaya diri, dia melatih dirinya untuk dapat menjalani aktivitas manusia normal, menolak dikasihani. Sangat mengharukan melihat bagaimana dia harus susah payah untuk bangun dari posisi tiduran, dengan modal menggunakan kepalanya untuk mengungkit seluruh berat badannya.

Nick Vujicic adalah seorang pemimpin sejati. Dia mampu menginspirasi jutaan orang, untuk mengikuti semangat dan sikap hidupnya.

“Didunia ini tidak ada yang sia sia, kecuali kita sia sia.

Karena Tuhan telah memberikan manusia bekal, namanya akal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *