Profesional Salesman adalah penjual ”Solusi”.

Seorang Salesman yang baru belajar, selalu ingin menjual produk yang diwakilinya. Namun setelah itu, sering kali dia tidak mampu menjual produk yang sama kepada pelanggan yang sama untuk yang kedua kalinya. Praktek semacam ini berlangsung terus menerus dan pada akhirnya dijumpai ”Kebuntuan penjualan”.

Seorang PS sebelum menjual produk yang dikelolanya, maka dia akan melakukan apa yang disebut ”Market Research”. Dari market research ini akan dijumpai beberapa kenyataan yang dihadapi pelanggan. Data atas kenyataan-kenyataan tersebut akan menjadi data yang sangat bernilai buat PS. Dari data ini akan didapatkan ” Bebarapa problema ” yang bisa dilakukan perbaikan-perbaikan apabila pelanggan menggunakan produk-produk yang ditanganinya. Di beberapa keadaan, sering para pelanggan tersebut ”Tidak Sadar” kalau dia berada dalam suatu ”Siklus masalah”. Dengan menguasai permasalahan permasalahan yang dihadapai pelanggan maka seorang PS akan mudah memikat hati pelanggan

Siklus masalah ini sudah merupakan habit/kebiasaan perilaku pelanggan sehingga mereka merasa tidak dalam masalah. Disini diuji ke-piawaian dari seorang PS. Seorang PS adalah seorang pembelajar sejati. Hasil ketekunan belajarnya membawa dia  mampu melihat problema-problema yang dihadapi pelanggan tersebut.

Dikarenakan, umumnya pelanggan adalah juga manusia dan bahkan juga pelaku-pelaku usaha, maka acuan-acuan dasar dalam penilaian yang digunakan adalah acuan-acuan sejalan dengan prinsip-prinsip dunia usaha antara lain effectivitas, efficiency, cost down, kemudahan-kemudahan baru sejalan dengan pengetahuan dan metoda-metoda baru yang lebih simple, penaikkan kwalitas pelayanan dalam business pelanggan dll.

Oleh karena itu level kompetency, kepercayaan dan proffesionality dari PS sangat dituntut dalam hal ini. Apabila PS dapat membuat pelanggan ” Menyadari ” bahwa dia dalam masalah atau potensial masalah yang mungkin timbul, maka PS akan menawarkan solusi yang didalam solusi tersebut dimasukkan ”Benefit value” atas produk-produk dan service yang embannya.

Dari sinilah transaksi Penjualan Proffesional itu dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *