seven-habitsSaat beres beres lemari buku, tiba tiba buku The Seven Habits of Highly Effective People karangan Stephen R. Covey terjatuh dan terbuka halaman yang membahas Rekening Bank Emosi.

Rekening Bank Emosi adalah metafora untuk tingkat kepercayaan yang terjalin dalam suatu hubungan antar manusia. Hal ini menunjukkan bahwa setiap interaksi dengan manusia lain bisa digolongkan sebagai tindakan penyetoran atau penarikan. Penyetoran membangun dan memperbaiki kepercayaan. Sebaliknya, penarikan mengurangi kepercayaan.

Kadang kita sangat mudah memaafkan dan memaklumi perbuatan Si X walaupun kadang salah bahkan tak jarang kita membelanya. Namun dilain pihak kita seringkali menyalahkan si Y bahkan perbuatan yang baiknyapun dicurigai punya niat jahat.

Pada setiap orang tersimpan dalam hatinya sebuah rekening bank emosi atas semua orang yg dikenalnya. Ketika seseorang berbuat baik dan bersikap jujur kepada saya maupun kepada orang lain yang saya tahu maka orang tersebut telah menyetor ke rekening bank emosi kepada saya.  Semakin sering dan konsisten berbuat baik dan jujur maka rekening bank emosinya semakin menumpuk. Karena menumpuknya tabungan direkening bank emosi pada diri saya  maka ketika orang tersebut lalai atau berbuat salah, saya cenderung memafkannya.

Sebaliknya, seseorang tidak jujur kepada saya maupun kepada orang lain maka dia telah menarik tabungan pada rekening bank emosinya oada diri saya. Semakin sering berbuat buruk  seperti dia memaki pembantunya, mencela temannya, memukul binatang peliharaanya maka semakin banyak dia menarik tabungan nya bahkan sampai minus. Karena semakin banyak minusnya maka ketika dia berbuat baik maka saya menganggap dia tidak tulus bahkan punya agenda buruk tersebunyi. Artinya perbuatan baiknya tidak mampu membayar hutang hutang yang telah dia tarik.

Untuk itu perlu mengkita memperbanyak tabungan rekening bank emosi positif kepada orang lain dengan berbuat baik, menepati janji, berbuat jujur, sopan dan santun kepada orang lain hormat, sayang dan kasih kepada orang lain dan lain sebagainya. Ketika tabungan pada rekening bank emosi positif kepada orang lain besar maka kita akan menemui jalan nikmat yang berbentang luas. Karena apapun yang kita lakukan akan lebih dinilai secara positip oleh orang lain. Sebaliknya kalau kita dicatat tidak memiliki tabungan rekning emosi dimana mana, maka kita akan menemui jalan penuh kerikil tajam, berlubang terjal dan sulit. Sedikit salah saja, bisa jadi membuat kita terluka dan berdarah darah.

Dengan rekening emosi positip yang berlimpah, maka kita akan ditolong orang saat kesusahan dan terjatuh, dibantu saat berbisnis dan berdagang, dipercaya saat berbiacara, direferensikan ke mana mana.

Maka, marilah kita berbuat baik. Bersikap jujur, menolong orang, dan berprilaku yang menghasilkan rekening emosi positip pada orang2-orang disekeliling kita, karena hal itu akan membawa kemudahan luar biasa dalam kita mencapai mimpi dan kesuksesan kita.

One Reply to “Rekening Bank Emosi”

  1. bukan rekening emosi yg saya ingat ttg buku ini, saya hanya ingat bhw saya harus menentukan TUJUAN AKHIR.
    dan tujuan akhir saya saat ini adalah PULANG JAWA.

    terimakasih ya Mas Berik yang baik yang telah mengingatkan saya ttg buku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *