“Terima Kasih” Saja Sudah Cukup

Salah satu amalan atau tindakan yang tak pernah dilihat ikhlas atau  tidak, pamrih atau tidak adalah SYUKUR atau TERIMA KASIH. Yess kata kata ” Terima Kasih” sangat sederhana namun sering kali terlupakan. Mungkin karena sangat sederhana dan kelihatan remeh sehingga jarang kita memperhatikannya dan jarang kita berusaha secara konsisten untuk melakukannya. Bukankah bersyukur itu gratis dan tanpa bayar? kenapa ya kok sulit melakukannya? berikut kami kutip dari berbagai literatur tentang dahsyatnya bersyukur

Banyak tokoh yang mengatakan bahawa Rasa syukur adalah satu ungkapan cinta yang tertinggi.  Setiap kali kita bersyukur berarti kita sedang memberikan cinta.  Cinta yang kita berikan ini pasti akan kembali kepada kita.

Albert Einstein  adalah ilmuwan terbesar yang pernah hidup, yang penemuan penemuannya telah merubah cara pandang kita semua terhadap alam semesta.  Dan Ketika ditanya tentang apa saja pencapaiaan tertingginya, Alber Einstein mengatakan bawah pencapaian tertingginya adalah mengucapkan terima kasih kepada orang lain.  Yess..Einstein mengucapkan terima kasih lebih dari seratus kali dalam sehari kepada orang lain atas apa yang telah diberikannya.  Artinya Einstein lebih dari seratus kali mengungkapkan rasa inta.  Dengan demikian tak mengherankan jika begitu banyak misteri luar biasa dalam hidup Einstein.

“ Seratus kali dalam sehari saya mengingatkan diri bahwa  kehidupan lahir batin saya bergantung kepada pekerjaan orang lain, baik yang hidup maupun yang mati, dan bahwa saya harus memacu diri saya  agar memberikan yang setara dengan yang sudah saya terima dan masih terus saya terima.” Albert Einstein

Begitu kita bersykur atas segaka sesuatu yang kita miliki betapun kercilnya  kita akan menerima lebih banyak lagi yang sama.  Bila kita bersukur atas uang yang kita terima, kita akan menerima uang lebih banyak lagi.  Jika kita bersyukur atas pekerjaan kita walaupun bukan pekerjaan idaman, kita akan menerima lebih banyak lagi peluang dalam pekerjaan tersebut.  Karena rasa syukur adalah pengganda yang begitu dahsyat dalam hidup kita.

jika satu satunya doa yang anda ucapkan adalah -Terima kasih- itu sudah cukup” Meister Eckharf  (Teolog Kristen)

Tiga cara menggunakan rasa syukur adalah

1.       Rasa syukur atas segala sesuatu yang kita telah terima dalam hidup (masa lalu/past)

2.       Rasa syukur atas segala sesuatu yang sedang kita terima (sekarang/present)

3.       Rasa syukur atas segala sesuatu yang kita inginkan dalam hidup ini seakan akan kita telah menerimanya (future)

Rasa syukur harus selalu menjadi dzikir kita dalam kehidupan sehari hari. Tidak perlu menunggu sembuh dari sakit untuk bersyukur kepada Tuhan. Tidak perlu menunggu lepas dari kesusahan untuk bersyukur kepada Tuhan. Tidak perlu menerima sesuatu dari siapapun untuk berterima kasih terhadap sesama.

Bila sesuatu yang menyenangkan terjadi pada kita, berikan cinta dengan bersyukur. Kita dapat menemukan tempat parkir, mendengar lagu yang enak didengar, mendapatkan lampu lalulintas berubah hijau, mendapati tempat duduk yang kosong di bus, kereta atau di tempat antrian, bersyukurlah.  Bersykurlah atas semua indra kita : Mata yang bisa melihat, telinga yang bisa mendengar, lidah yang mengecap, hidung yang bisa membaui, kaki yang bisa berjalan dan lain lain.  Bersyukur atas system kekebalan tubuh yang kita miliki, urusan yang berjalan lancar, fasilitas rumah yang  menunjang kehidupan sepeti air, listik dan lain lain.

Atau paling tidak bersukurlah karena masih diberikan kesempatan hidup. Ya…. Setiap detik adalah peluang  untuk  memberikan atau melipatgandakan cinta dengan bersyukur.

Dalam kehidupan sehari hari kita hampir tidak menyadari bahwa kita mendapatkan jauh lebih banyak daripada yang kita berikan, dan hanya dengan bersyukur hidup menjadi kaya raya” Diefrich Bonhoeffer (Pastor Lutheran)

Rasa sykur atas kelimpahan yang telah engkau terima adalah jaminan terbaik bahwa kelimpahan itu akan terus berlangsung” Nabi Muhammad SAW

2 Replies to ““Terima Kasih” Saja Sudah Cukup”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *