Tips Membangun Pelanggan Loyal

Pelanggan adalah raja. Pepatah itu menurut saya masih sangat relevan dengan kondisi sekarang dan bahkan bersifat abadi. Karean bisnis apapun takkan berarti tanpa pelanggan… right?

Menurut saya upaya mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru. Setiap kegiatan usaha atau bisnis akan berlomba-lomba mempertahankan pelanggan dengan berbagai cara agar sang pelanggan tidak pindah kekompetitor. Perlakuan konsumen sebagai raja lebih banyak dirasakan oleh jenis jenis usaha yang bergerak di bidang jasa seperti perbankan, perhotelan dan lain lain. Mari kita lihat bagaimana suatu bank, antara bank yang satu dengan bank yang lainnya berlomba-lomba memberikan pelayanan kepada nasabahnya dengan sebaik-baiknya. Mulai dengan membukakan pintu masuk, ucapan “selamat pagi pak… bu…”, wajah petugas yang ramah penuh senyum.

Beberapa tips ampuh untuk mempertahankan pelanggan agar selalu kembali datang ke kita. Inilah caranya :

1. Bersikaplah ramah dengan tulus. 3 S (senyum sapa salam) adalah mutlak harus dilakukan. Sapalah konsumen dengan salam dan senyum yang tulus. kita harus mendapatkan kesan pertama yang ramah dan sopan. Ingat kesan pertama begitu berharga.

2. Tanyakan apa kebutuhannya. Kita harus aktif menanyakan terlebih dahulu apa kebutuhan pelanggan dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”. Jadilah seorang reporter daripada menjadi seorang ahli..(kecuali anda dokter specialis he he he)

3. Berikanlah kualitas produk terbaik. Jangan sekali-kali menjual barang yang tidak jelas kualitasnya. Agar tidak tercipta image buruk terhadap produk atau perusahaan kita.

4. Berikanlah harga yang sewajarnya. Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu produk atau layanan akan menjadi penentu. Sering kali pelanggan membanding bandingkan dengan tempat lain..apa lagi ibu ibu he he he. Berikan mereka dengan harga yang sewajarnya tapi tetap dibarengi dengan kualitas yang baik.

5. Tepatilah Janji. Usahakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada pelanggan kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen mondar mandir ke tempat kita hanya karena janji yang tidakbisa kita tepati, waktu mereka akan terbuang gara-gara janji kita yang tidak tepat. Konsumen akan kecewa, ujung-ujungnya kita kehilangan pelanggan.

6. Ciptakanlah suasana kekeluargaan. Pada saat kita melayani pelanggan, jangan terlalu berfokus pada hasil penjualanan. Maksud saya, libatkanlah pelanggan dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka.

7. Bangun hubungan emotional. Untuk membangun hubungan emotional, kita harus memperhatikannpelanggan dan keluarganya. Seperti  memberikan ucapan pada momen-momen penting –pelanggan, misalnya ucapan selamat ulang tahun bagi pelanggan atau anggota keluarga pelanggan, selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms atau menelpon. Cara ini cukup ampuh karena pelanggan merasa diperhatikan. Apabila hubungan emotional sudah terbentuk maka sulit bagi konsumen untuk pindah ke tempat lain.

Pelanggan adalah nyawa dari suatu bisnis. Menemukan cara untuk membangun loyalitas pelanggan adalah mutlah harus kita lakukan. Setiap pelanggan mesti memiliki keunikan sendiri sendiri. Kadang kadang untuk menyentuh hatinya hanya diperlukan hal hal yang sederhana.

So temukanlah keunikan setiap pelangan anda dan jadila sahabat pelanggan.

One Reply to “Tips Membangun Pelanggan Loyal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *