Sering kali kita kagum  melihat dan mendengar berita tentang prestasi orang-orang luar biasa di bidang sales dan marketing, tetapi sedikit dari kita yang memahami apa yang ada di benak mereka dan apa yang telah mereka perbuat. Sedalam apa kegiatan dari para jawara penjualan yang mengukir prestasi Luar biasa? Seberapa jauh yang dapat kita lihat saat mereka berhadapan dengan pelanggannya? Apa yang kita tahu sepak terjang mereka saat di luar kendali para pimpinan ketika di kantornya? Dan apa yang diperbuat oleh mereka setelah jam kantor dan apa Rahasia mereka terutama dalam hal Mental & Spirit yang dimilikinya?

Ternyata dari beberapa referensi baik dari biografi maupun sekedar success story ada beberapa Mental & Spirit yang dimilikinya diantaranya adalah:

  1. Mereka menganggap pentingnya hubungan (Relationship) dengan calon pelanggan dan pelanggan yang yang sudah aktif, karenanya setelah dan sebelum menjual hubungan selalu perlu dibina.
  2. Mereka sangat sadar bahwa tidak mungkin semua prospek akan menjadi pelanggannya, maka fokusnya adalah bagaimana agar kegagalan yang telah terjadi tidak terulang lagi, dengan kata lain mereka belajar dari kegagalan dan tidak mengulang kesalahan yang sama.
  3.  Mereka tanpa kecuali memiliki etos yang kuat dalam bekerja baik dari tenaga maupun waktu, sehingga sangat sadar bahwa kesuksesan itu adalah investasi dan itu semua harus dibayar dimuka untuk sebuah keberhasilan.
  4. Mereka sangat berorientasi pada kepuasaan pelanggan dengan selalu berorientasi kepada bagaimana menyelesaikan masalah yang dihadapi  para pelanggan maupun prospeknya atas setiap produk yang dijual.
  5.  Mereka berprinsip bahwa mereka mencintai profesinya, sehingga didalam melakukan tugas betul-betul atas kemauan sendiri. Kerja keras adalah kepuasan diririnya. Hasil terbaik adalah sebuah prestasi. Dan itu semua menjadikan sebuah prinsip bahwa Sukses ada di pundak mereka sendiri, bukan pada pihak lain dan juga pemberian orang lain. Spirit semacam inilah yang selalu memimpin mereka didalam bekerja.
  6. Mereka didalam setiap kesempatan mau belajar diri sehingga setiap visi / misi / tujuan yang telah ditetapkan untuk dievaluasi, sehingga dengan begitu mereka dapat dengan mudah mengetahui pertumbuhan / kemajuan yang telah dicapainya.
  7. Mereka sangat Antusias, kreatif, flesibel dan berorientasi bagaimana seharusmya melakukan terbaik bagi dirinya, bagi pelanggan dan bagi perusahaanya.
  8. Mereka dapat bersyukur atas perolehan prestasi dari setiap transaksi penjualan, tanpa memperhitungkan nilai uangnya maupun siapa pelanggan yang dihadapinya, sehingga mereka merupakan orang-orang yang pantang mundur tanpa harus menjadi pengganggu bagi pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *