Passion Depending On The Value Of Human Needs

passion4Passion adalah  semangat yang dimiliki seseorang dalam melakukan suati aktifitas pekerjaan tanpa berfikir keuntungan finansial ayang akan didapat. Sebetulnya passion seseorang ditentukan oleh kebutuhan setiap manusia. Setiap manusia memeliki kebutuhan dasar dan kebutuhan sekunder. Kebutuhan yang paling dominanlah yang akan menggiring manusia memiliki Passion dalam melakukan pekerjaan.  Menurut  pelatih sukses terkemuka dunia ada kebutuhan manusia.

Enam kebutuhan tersebut adalah :

  1. Passion to Certainly

Setiap manusia pasti membutuhkan kepastian atau stabilitas atas hal hal yang mendasar.  Kita membutuhkan kepastian atas suatu kondisi  yang membuat kita merasa kurang aman dan kurang nyaman.

Seperti halnya seorang pemuda  jomblo atau pemudi jombol membutuhkan kepastian bahwa teman dekatnya yang selama ini didekati menjadi pacarnya maka dibutuhkan  keastian dengan saling mengucap jatuh cinta dan menjalin kasih sebagai pasangan pacaran. Setelah sekian lama mereka berpacaran membutuhkan kepastian sebagai pasangan suami istri yang diikat dalam sebuah pernikahan. Contoh  lain adalah saat kita sedang mau terbang tiba tiba ada  pengumuman bahwa penerbangan delay, bukankah kita butuh kepastian bahwa berala lama akan delay.

  1. Passion to Uncertailny

Disamping membutuhkan kepastian ternyata manusia membutuhkan sesuatu yang berbeda atau variasi. Seseorang yang yang punya istri yang cantik dan anak yang pintar juga mengalami kebosanan. Uppsss…. tapi bukan berarti setiap orang kemudian mencari variasi dengan mencari wanita idaman lain. tetep pasangan keluarga tersebut bisa melakukan sesuatu yang berbeda dan bervariasi dalam menjalin hubungan. Seperti misal hari sabtu minggu nonton bisokop bersama, minggu depannya pergi ke pantai dll. Seperti haknya yang kita lakukan di national meeting tema gala dinner setiap tahun selalu bervariasi. Karena panitia tahu bahwa rekan rekan membutuhkan variasi.

  1. Passion to Significant

Setiap manusia memiliki kebutuhan untuk mendapatkan penghargaan, menjadi seseorang yang penting dan special. Coba bayangkan jika kita sebagai seorang suami ketika pulang kantor tidak disambut dengan ramah dan senyuman oleh istrinya dan saat berangkat kekantor tidak diantar ke depan pintu. Bahkan ketika kerja hingga larut malampun juga tidak di telpon. Pasti merasa tidak dihargai… pasti semangat untuk hidup bersama menurun? Atau seorang istri yang sudah capek memasak dan menyediakan makanan kesukaan suaminya tetapi masakannya tidak dimakan dan disentuh. Pasti merasa tidak dihargai dan semuanya merasa sia sia? Bahkan bisa jadi ngomel dan berkata” ngapain gue masakin..,, n ngapain gue punya suami”.

 Passion to Conection

Setiap orang membutuhkan relasi atau interaksi dengan orang lain. Tentu kita setuju bahwa kita lebih bersemangat ketika menjalin hubungan special dengan orang lain.  Dalam konteks pekerjaan, seorang karyawan lebih bersemangat jika dalam bekerja memiliki hubungan yang akrab dengan karyawan lainnya.

 Anthony Robin menyebut Keempat kebutuhan tersebut sebgaia four Animal needs. Konon jika kita hanya passion kita hanya bersandar kepada keempat kebutuhan tersebut kita hanya akan menjadi “orang rata rata”.

 Kalau kita semua memiliki dua kubutuhan berikut ini berarti kita memiliki Two Spiritual needs. Dengan memiliki dua kebutuhan ini bisa jadi kita akan menjadi manusia luar biasa.

  1. Passion to Grow

Setia manusia mengalami pertumbuhan atau mengalami perkembangan.  Syaratnya adalah tidak pernah puas dengan hasil yang didapat. Sepeti halnya seorang karyawan yang tidak memiliki passion untuk berkembang dan tidak memiliki semangat untuk bekerja lebih baik dan meningkatkan performancenya itu sama saja dengan menjadi beban perusahaan dan menyusahkan pimpinannya. Juga sebuah perusahaan yang tidak mempunyai tekat untuk bertumbuh maka dipastikan perusahaan tersebut tidak akan mengalami perkembangan yang berarti.

  1. Passion to Contribution

Setiap orang luar biasa memiliki kebutuhan untuk berkontribusi. Memberikan kontribusi adalah suatu keinginan yang diikuti tindakan untuk kebahagiaan dan kemajuan orang lain. Inilah passion tertinggi dan termulia. Dan coba kita semua renungkan! Siapakah orang terkaya sepanjang selama India merdeka. Pasti tidak ada yang menjawab. Tetapi siapa yang paling berkontribusi selama india merdekan. Maka kita semua akan menjada Mahatma Gandi. Artinya orang yang akan dikenang oleh jaman bukan orang yang paling kaya tetapi adalah orang yang paling berkontribusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *