DUBAI, (PRLM).- Rumah Sakit Bina Sehat–Jember, Jawa Timur melakukan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Belhoul Lifecare–Dubai yang berlangsung di Belhoul Speciality Hospital–Dubai.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dr. Faida Musjtahar Umar Thalib, MMR., Direktur Rumah Sakit Bina Sehat–Jember dan Dr. Juma Khalfan Belhoul, Chairman Belhoul Lifecare dengan disaksikan oleh Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran; Bupati Jember, Mohammad Zaenal Abidin Djalal; Wakil Chairman Belhoul Lifecare, Khalfan Belhoul; dan Direktur Belhoul Speciality Hospital–Dubai, Jalal Hafeedh.

Turut hadir dalam acara penandatanganan ini jajaran Bupati Jember; para direktur beberapa rumah sakit di Jember, yaitu Direktur Rumah Sakit Balung, Direktur Rumah Sakit Soebandi, Pimpinan Rumah Sakit PTPN 10; serta pengusaha alat kesehatan yang diwakili oleh Presiden Direktur PT Widatra Bhakti–Jember; dan para undangan lainnya.

Penandatanganan MoU kerja sama ini merupakan tindak lanjut kesepakatan kerja sama antara Belhoul Lifecare–Dubai dan RS Bina Sehat–Jember, Jawa Timur, yang difasilitasi oleh KJRI Dubai, mengenai perekrutan dan pelatihan tenaga perawat Indonesia. Kerja sama ini telah dirintis sejak Oktober 2011, dimana pada saat itu kedua belah pihak telah mengadakan pertemuan di Jember–Jawa Timur.

Tujuan kerja sama ini antara lain untuk merekrut dan memberikan pelatihan tenaga perawat Indonesia dalam beragam kekhususan, dalam rangka persiapan penempatan tidak hanya pada Belhoul Speciality Hospital tetapi juga pada sejumlah rumah sakit di Dubai.

Dalam sambutannya, atas nama Pemerintah RI, Konjen Mansyur menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas tercapainya penandatanganan MoU Kerja sama antara RS Bina Sehat–Jember dan Belhoul Life Care–Dubai dan mengharapkan kiranya kerja sama konkrit ini dapat menjadi milestone peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Dubai, terutama di sektor kesehatan dan tenaga kerja pada masa yang akan datang.

Konjen Mansyur juga menyambut baik terjalinnya kerja sama RS Bina Sehat–Jember dengan Belhoul Lifecare, terutama dalam kaitannya dengan proses perekrutan dan pelatihan tenaga perawat Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen kuat Pemerintah RI cq. KJRI Dubai, untuk meningkatkan penempatan tenaga kerja Indonesia di sektor formal dan profesional ke Dubai dan Emirat lainnya di UAE.

Konjen Mansyur mengharapkan kiranya kebutuhan awal akan 34 tenaga perawat Indonesia yang tengah dipersiapkan untuk ditempatkan pada Belhoul Speciality Hospital di Dubai di tahun ini akan membuka jalan bagi peningkatan jumlah tenaga perawat Indonesia ke Dubai di masa mendatang. Hal ini mengingat akan kebutuhan tenaga perawat di Dubai dan juga Emirat lainnya di UAE, sementara diharapkan profesionalisme tenaga perawat Indonesia dalam bekerja tidak akan diragukan lagi dan dapat menjadi pesaing tenaga perawat dari negara lain, khususnya Filipina dan India. Konjen Mansyur menyatakan sangat senang dengan terjalinnya kerja sama ini, karena sudah disepakati untuk tahap berikutnya pihak Belhoul Hospital memerlukan sekitar 100 perawat dari Indonesia.

Konjen Mansyur menegaskan bahwa Dubai merupakan hub barang, jasa, uang dan manusia yang paling strategis di kawasan Timur Tengah dan pertumbuhan perekonomian Dubai mendorong meningkatnya kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang memadai. Sebagai konsekuensi logis, hal ini akan semakin mendorong semua manajemen rumah sakit di Dubai untuk mengembangkan jumlah dan fasilitas rumah sakitnya dan selanjutnya akan membuka peluang pekerjaan bagi tenaga perawat Indonesia yang lebih banyak lagi.

Konjen Mansyur juga mengharapkan kiranya model kerja sama seperti ini dapat dijadikan sebagai pemicu peningkatan pasar kerja formal/ profesional di luar negeri serta mendapatkan dukungan dari semua instansi dan pemangku kepentingan terkait di Indonesia.

Sementara itu, dalam sambutannya Dr. Juma Khalfan Belhoul menyampaikan bahwa penandatanganan MoU kerja sama ini merupakan bagian dari upaya konkrit manajemen Belhoul Lifecare–salah satu anak perusahaan Belhoul Group–dalam meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas kesehatannya. Disampaikan pula bahwa MoU ini dibuat sebagai antisipasi kebutuhan tenaga medis dan perawat untuk cabang baru RS Belhoul di kawasan Jebel Ali Free Zone di Dubai, yang akan membutuhkan ratusan dokter, staf dan tenaga perawat.

Dr. Juma menambahkan bahwa saat ini Belhoul Lifecare memiliki 2 rumah sakit di Dubai, yaitu Belhoul European Hospital (80 staf) dan Belhoul Speciality Hospital (450 staf). Sejauh ini Belhoul Hospital masih didominasi oleh tenaga perawat asal India dan Filipina, serta belum pernah mempekerjakan tenaga perawat dari Indonesia. Untuk itu pihaknya mengharapkan dukungan KJRI Dubai dan semua pihak terkait agar kerja sama dengan RS Bina Sehat dapat ditingkatkan dan diperluas pada masa mendatang.

Sebagai mitra kerja Belhoul Lifecare sebagaimana disepakati dalam naskah MoU, Dr. Faida Musjtahar Umar Thalib, MMR menegaskan keinginan dan komitmennya untuk menjalin kerja sama secara profesional dan saling menguntungkan dengan Belhoul Lifecare dalam jangka panjang terutama dalam meningkatkan kapasitas tenaga perawat Indonesia untuk menangkap peluang pasar kerja formal di Dubai maupun UAE. Selain itu, mengharapkan pula kemungkinan adanya jalinan kerja sama antara Dubai dan Jember pada sektor-sektor lainnya, seperti perdagangan dan investasi, guna saling mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Kedua belah pihak sependapat dan optimis akan pencanangan Kerja sama antara keduanya dapat turut mendorong kemajuan kerja sama bilateral antara kedua Negara dalam lingkup yang lebih luas.

Belhoul Group merupakan salah satu kelompok perusahaan keluarga terbesar di Dubai dan terkemuka di UAE. Grup perusahaan ini berdiri sejak tahun 1969 dengan mengawali bisnisnya pada sektor jasa katering. Saat ini grup perusahaan ini telah berkembang dengan sejumlah anak perusahaan yang bergerak pada sektor kesehatan, pendidikan, perdagangan, kosntruksi, manufaktur serta makanan dan minuman. Belhoul European Hospital dan Belhoul Speciality Hospital telah resmi terdaftar di Department of Health Authority (DOHMS) Dubai.

Sumber: Pikiran-Rakyat dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *