Borat_Great_SuccessSUKSES

Yessss, kata itu  telah menjadi mantra yang menghipnotis manusia modern.  Baik dalam dunia kerja, pergaulan, keluarga, cinta, pertemanan dan lain lain

Sukses identik dengan keberhasilan. Jika berhasil mengumpulkan uang, itu adalah sebuah kesuksesan.  Jika berhasil mendapatkan promosi jabatan itu juga dibilang sukses.  Berhasil lulus menempuk jenjang pendidikan tertentu, itu uuga kategori sukses.. jadi sukses bisa kita raih dalam kondisi apapun. Hanya saja parameter apa yang akan kita gunakan. Itu sangat tergantung pada masing masing pribadi seseorang.

Seberapa penting sukses dalam hidup kita?  Menurut saya, sangat sangatlah penting. Karena sukses inila yang membuat hidup lebih bergairah. Hidup menjadi lebih hidup. Bahkan kegagalanpun pun sebaiknya kita anggap sebagai kesuksesan yang tertunda. Sehingga kita tetap memiliki gairah dalam menjalani kehidupan ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard St. John yang kemudian dituangkan dalam bukunya berjudul To Be Great mengatakan bahwa  sukses bukan karena faktor warisan tetapi sebuah upaya yang sungguh sungguh.

Richard mewancarai banyak anak dari orang sukses. Rupanya, sang anak sukses bukan karena faktor genetik, melainkan karena mereka meniru orang tuanya, dan mengembangkan faktor-faktor kunci kesuksesan.

Apa saja faktor kunci itu? Yuk simak hasil penelitian Richard.

1. Mencintai pekerjaan (Passion)

Ini faktor utama meraih sukses. Apapun pekerjaan anda, tidak akan berhasil jika anda tidak mencintainya. Namun sekali anda mencintai pekerjaan itu, anda akan melakukan apa saja agar bisa meraih sukses. Akibatnya, anda tidak akan pernah kehabisan energi untuk mencapai apa yang anda inginkan.

2. Kerja keras

Orang-orang sukses selalu diawali dengan kerja keras. Jangan menyerah ketika menghadapi kesulitan. Pada saatnya, itu akan menjadi investasi anda di masa depan.

3. Fokus

Fokus sangat penting jika ingin meraih sukses. Jadilah ahli dalam satu bidang. Dengan begitu, anda telah menciptakan branding bagi diri anda sendiri. Jika tidak fokus, anda hanya akan melakukan banyak hal, tetapi tidak pernah tuntas alias setengah-setengah. Kok bisa? Konsentrasi anda pasti akan terpecah belah. Walhasil, bukannya sukses yang diraih, namun kehancuran yang diperoleh.

4. Memotivasi diri.

Motivasi diri sendiri juga tak kalah penting. Atasi rasa rendah diri anda, ragu-ragu, atau ketakutan yang tak perlu. Yakinkan diri anda bahwa anda juga bisa sukses. Yakinkan diri anda bahwa tidak ada orang yang sukses dengan sendirinya. Semua melalui usaha, kerja, dan doa.

5. Ide dan kreatif

Lihatlah biografi orang-orang sukses. Seringkali mereka sukses karena ide. Lihatlah Mark Zuckerberg yang punya ide agar orang-orang bisa tersambung lewat koneksi internet. Hasilnya, Facebook kini menjadi salah satu raksasa internet dan mengeruk untung dari sana. Jadi, carilah ide-ide yang tidak biasa. Lalu, teguhkan diri anda bukan sebagai follower, melainkan trend setter. Think different! Berpikir beda. Itulah slogan yang diusung Apple sehingga kemudian unggul di industri komputer dan gadget.

6. Upgrade diri Anda

Menyadari bahwa tak ada yang sempurna tentu baik bagi anda. Mengapa? Dengan begitu anda tidak akan berpuas diri. Jangan malu untuk terus meng-update pengetahuan anda. Bisa jadi, ketika anda memasuki dunia kerja, pengetahuan yang anda peroleh di bangku kuliah sudah tidak up to date. Karena itu, upgrade diri anda.

7. Jiwa melayani.

Kesuksesan juga tak terpisah dari pelayanan. Lihat saja, banyak perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba memberi pelayanan terbaik. Tanpa itu, mereka cepat atau lambat akan tersingkir dari pasaran.

8. Tekun.

Tahan banting. Tidak takut gagal. Siap bertarung. Itulah yang disebut tekun. Tekuni pekerjaan anda sampai sukses datang menghampiri.

Nah, begitulah delapan kunci sukses menurut Richard St.John. Coba deh terapkan. Insyaallah sukses ada dalam genggaman kita..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *