solusi.bisnisKebanyakan orang sales menganggap bahwa menjual adalah menjadikan pelanggan sebagai sebuah target sales. Artinya, saya sebagai seorang sales, menjual produk/jasa terlepas dari pelanggan butuh atau tidak, terlepas dari produk/jasa yang ditawarkan bagus atau tidak, terlepas dari pelanggan mendapatkan benefit atau tidak. Lantas ketika penjual telah mencapai target maka pelanggan mulai ditinggalkan. Bahkan kemudian ketika produk atau jasa tidak mampu memenuhi permintaan pelanggan seringka abai tidak mulai tidak memperhatikan pelanggan yang dulunya susah payah didapatkan.  Penjual yang demikian hanya menjadikan pelanggan adalah TARGET SALES. Titik!

Paradigma seperti inilah yang menjadikan banyak pelanggan tidak percaya lagi kepada orang sales. Mereka menggeneralisasi bahwa orang sales adalah tukang tipu, tidak mengerti kebutuhan pelanggan.

Untuk SUKSES membangun keakraban dengan pelanggan, orang sales perlu mengubah paradigm dari menjadikan pelanggan sebagai TARGET SALES menjadi PEMBERI SOLUSI. Artinya: pelanggan punya masalah, dan saya sebagai orang sales punya SOLUSI untuk kebutuhan/masalah pelanggan.

Untuk bisa memberikan sebuah SOLUSI tentunya sebagai orang sales harus mengetahui PERMASALAHAN yang dihadapi calon prospek atau pelanggan. Ketika kita sebagai orang sales tidak mengetahui permasalahan pelanggan maka bisa jadi seorang sales akan memberikan SOLUSI yang salah atau tidak tepat pula.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sebagai orang sales, kita bisa mengetahui permasalahan pelanggan? Maka seorang sales layaknya seorang dokter  harus mampu mendiagonse masala masalah pelanggan dengan banyak mendengarkan dan mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan.

Seorang sales harus mampu memberikan SOLUSI dengan mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan pelanggan dan dari situ baru dia merekomendasikan atau memberikan pilihan alternatif produk yang memberikan manfaat untuk pelanggannya.

Itulah prinsip yang harus kita pegang sebagai seorang sales, menjual dengan memberikan SOLUSI untuk kebutuhan atau permasalahan pelanggan.

Dengan demikian pelanggan akan mulai percaya kepada seorang sales. Sehingga pelanggan yang sudah jatuh hati akan selalu menggantungkan solusi solusi atas permasalahan yang dihadapi kepada seorang sales tersebut.

Untuk itulah seorang sales sejati akan selalu menepati janjinya, pantang abai terhadap kebutuhan kebutuhan pelanggan, dan berani berkorban jiwa dan raga untuk selalu setia kepada profesinya yakni memberikan solusi kepada pelangganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *